Tim PKM Universitas Bung Hatta Melakukan Pelatihan Pemilahan Sampah dan Akuntansi Sampah pada Petugas Kebersihan Universitas Bung Hatta (Persiapan Pendirian Bank Sampah UBH)

 

Ketua LPPM Universitas Bung Hatta Dr. Azrita, S.Pi., M.Si membuka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat mengenai Pelatihan Pemilahan Sampah dan Akuntansi Sampah pada Petugas Kebersihan Universitas Bung Hatta. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 14 April 2022 di Ruang Sidang Pasca Sarjana Universitas Bung Hatta.

 Dalam rangka pendirian Bank Sampah di Universitas Bung Hatta, maka dibutuhkan kesadaran semua sivitas (dosen, tendik, dan mahasiswa) dalam aktifitas pemilahan sampah kampus di wilayah kerja masing-masing. Karena seyogyanya Bank Sampah hanya menampung sampah yang sudah terpilah untuk menjadi tabungan sampah para penabungnya. Kegiatan pemilahan yang dilakukan oleh sivitas tersebut bermuara pada pengumpulan sampah terpilah oleh petugas kebersihan kampus di lingkungan kampus.

Kemudian Bank Sampah sebagai bank penampung tabungan sampah para penabung yang berasal dari masyarakat kampus dan masyarakat sekitar kampus, tentunya membutuhkan petugas yang nantinya akan bertugas sebagai pengelola Bank Sampah. Tim PKM Universitas Bung Hatta berupaya untuk melakukan pelatihan akuntansi sederhana kepada petugas kebersihan yang memiliki kompetensi untuk melakukan kegiatan registrasi nasabah, penimbangan sampah, dan pencatatan mutasi sampah di Bank Sampah. Alasan para petugas kebersihan yang dijadikan bagian dari pengelola Bank Sampah karena para petugas kebersihan ini adalah garda depan dalam pemilahan sampah akhir di lingkungan kampus dan mereka diasumsikan memiliki waktu yang cukup untuk dapat melakukan aktifitas terkait sampah di Bank Sampah, serta keterlibatan mereka akan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka.

Berlandaskan alasan diatas, dengan pendanaan melalui Hibah Internal Universitas Bung Hatta Tahun 2022, Tim PKM Universitas Bung Hatta melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada para petugas kebersihan yang juga merupakan masyarakat sekitar kampus melalui “Pelatihan Pemilahan Sampah dan Akuntansi Sampah pada Petugas Kebersihan Universitas Bung Hatta.”

 Tim PKM ini berasal dari lintas Program Studi, yang diketuai oleh Yeasy Darmayanti, SE., M.Si., Ak., CA., Ph.D dengan tim anggota Siti Rahmi, SE., M.Sc; Daniati Puttri, SE., M.Si., Neva Novianti SE., M.Sc (dari Prodi Akuntansi) dan Suryadimal, ST., MT (Prodi Teknik Mesin), serta tiga orang mahasiswa yaitu: Afifah Muthmainah, Nabila Khairul, dan Silvira Helmi.

Diharapkan setelah kegiatan PKM ini kampus bisa merealisasi perencanaan pendirian Bank Sampah dengan pengoptimalan segala lapisan masyarakat kampus dalam mensukseskannya.