Tim Program Studi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sakato Kabupaten Pesisir Selatan

 

Tim Program Studi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sakato Kabupaten Pesisir Selatan yang diselenggarakan pada tanggal 22 April 2022 dengan mengusung tema Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Guna Membangun Kecerdasan Berideologi Pada Warga Belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sakato Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan diikuti oleh 65  warga belajar yang melanjutkan pendidikan lewat program paket A, B, dan C yang mayoritas berasal dari keluarga nelayan yang putus sekolah ini dihadiri oleh Ketua Yayasan PKBM Sakato, Ibu Marisa Yuni Putri, S.Pd., MPd.

Ketua tim pelaksana PKM Cici Nur Azizah., S.Pd., M.Pd menyatakan bahwa dari kegiatan ini akan memunculkan variasi baru untuk mempelajari tentang nilai-nilai Pancasila yaitu dengan mendesain buku diary yang disebut “Diary Pancasila”. Diary ini didesain dalam bentuk buku yang menarik dan merupakan sebuah inovasi untuk mempelajari dan memahami Pancasila dengan cara yang konkret. Melalui Diary Pancasila, warga belajar bisa menginventarisasi nilai-nilai Pancasila dalam keseharian mereka dengan cara yang mudah yaitu dengan mencatat beberapa kegiatan dan kebiasaan warga belajar secara umum, lalu di kategorikan kebiasaan tersebut ke dalam  butir-butir pancasila. Jika warga belajar melakukan satu  perbuatan baik yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila maka mereka harus mencatatnya ke dalam Diary Pancasila tersebut.

Kegiatan sosialisasi PKM ini menampilkan para narasumber yaitu Dr. M. Nursi,  M.Si, Dra. Pebriyenni, M.Si dan Dr. Syofiani, M.Pd dengan materi-materi terkait dengan penguatan nilai-nilai Pancasila. Ketua LPPM Universitas Bung Hatta Dr. Azrita, S.Pi., M.Si menyampaikan bahwa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan oleh Tim dari Program Studi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini merupakan salah satu dari 27 kegiatan PKM yang didanai oleh Universitas Bung Hatta di tahun 2022. Diharapkan dengan penyelenggaraan PKM terjadi peningkatan kualitas taraf hidup masyarakat dalam program-program pembangunan di berbagai bidang, menuntut perguruan tinggi untuk senantiasa terus menerus meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi secara terpadu dan bersistem, terutama dalam pelaksanaan dharma pengabdian kepada masyarakat.