Zonasi Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Permukiman Adat Nagari Sijunjung Sumatera Barat Tema : Prinsip Dan Perencanaan Perumahan dan Permukiman

Zonasi Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Permukiman Adat Nagari Sijunjung Sumatera Barat Tema : Prinsip Dan Perencanaan Perumahan dan Permukiman

Penulis         : Ir. Elfida Agus, MT

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2024

 
Sinopsis :

Buku ini disusun berdasarkan pengalaman penulis selama mengajar di Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta Padang. Dimana salah satu bidang yang penulis tekuni adalah perumahan dan permukiman. Seterusnya yang mendorong penulis untuk menyusun buku ini fakta perumahan dan permukiman ini sekarang menjadi masalah yang urgen di kota-kota besar di Indonesia karena ledakan penduduk dan kurangnya lahan untuk perumahan. Namun karena masalah perumahan dan permukiman itu sangat menyangkut kepada hajat orang banyak, maka peranan pemerintah pun sangat besar  baik dalam konsep maupun praktik pengembangan perumahan di Indonesia. Hal ini terihat dalam uraian dalam buku ini dan dalam regulasi di bidang Perkim. Buku ini mencoba menguraikan apa dan mengapa kajian perkim itu penting dan apa dan bagaimana teori dan atau konsep yang dipakai untuk perencanaannya pengembangan permukiman dan perumahan  di Indinesia. Dengan demikian buku ini disusun dengan bab-bab sebagai berikut ini Bab I. Pendahuluan, Bab II, Permasalahan Umum Perumahan; Bab III Aspek Perencanaan Perumahan Baru dan Komponennya; Bab IV  Perencanaan Perumahan Baru  Bab V. Tipe-Tipe Permukiman Dan Perumahan (Perkim).

Perhitungan bendung Irigasi Teori dan Aplikasi

Perhitungan bendung Irigasi Teori dan Aplikasi

Penulis         : Dr. Ir. Zahrul Umar, Dipl HE

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2024

 

Sinopsis :

Buku ini dirancang untuk menyajikan materi kuliah yang mencakup teori dasar, persamaan aplikatif yang diperlukan dalam merancang sebuah bendung, dan dilengkapi dengan contoh-contoh hitungan praktis. Materi yang dibahas mulai dari penghitungan hujan rencana, debit banjir rencana, analisis hidrologis bendung, desain pemecah energi (kolam olak), hingga perhitungan kestabilan struktur bendung.
Kehadiran buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mendalami materi yang disampaikan selama kuliah Perancangan Bangunan Air. Buku ini juga diharapkan menjadi prasarana untuk mahasiswa mempersiapkan diri sebelum menghadiri kuliah, sehingga mereka dapat lebih mudah memahami dan mengikuti penjelasan yang diberikan oleh dosen.
Penyusun buku ini ingin mengambil kesempatan ini untuk memberikan nasihat kepada mahasiswa. Sebuah kutipan dari filsuf terkenal mengatakan, "Aku mendengar, aku mendapat 10%; aku mendengar dan melihat, aku mendapat 30%; aku mendengar, melihat, dan melaksanakan, aku mendapat 90%." Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar mahasiswa mempelajari ulang materi di rumah melalui latihan menghitung dan mempraktikkan teori yang ada. Belajar menulis ulang persamaan dan memahaminya akan sangat membantu dalam mengingat materi dengan lebih baik.

Drainase Perkotaan

Drainase Perkotaan

Penulis         : Dr. Ir. Zahrul Umar, Dipl HE

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2024

 

Sinopsis :

Buku ini berisi materi tentang Perencanaan Drainase Perkotaan. Dilengkapi dengan contoh-contoh hitungan dalam perencanaan. Terdiri atas 8 Bab, yang dimulai dari Bab 1 Pendahuluan, Bab 2 Analisa Hidrologi, Bab 3 Perhitungan debit banjir rencana dan merencanakan dimensi saluran drainase, Bab 4 Perhitungan debit air limbah, baik limbah domestik dan limbah Non domestik, Bab 5 Perencanaan Drainase Permukiman, Bab 6 Drainase kota yang berwawasan lingkungan/ Ekodrain, Bab 7 Perencanaan Drainase Jalan Raya, dan Bab 8 Perencanaan Oulet di Badan Air (Sungai). Dengan adanya buku ini diharapkan mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Drainase Perkotaan serta pembaca yang tertarik dalam mempelajari ilmu tentang drainase, dapat memberikan solusi-solusi tentang drainase. Sebuah kata-kata bijak dari Filsuf yang terkenal yaitu. kudengar akan kudapatkan 10%, kudengar dan kulihat kudapat 30%, kudengar, kulihat dan kukerjakan kudapatkan 90%. Dengan selesainya buku Drainase Perkotaan ini, Penulis mengucapkan terima kasih Kepada Bapak Ir. Mawardi Samah Dipl HE yang telah memberikan beberapa materi dalam buku ini. Dan juga mengucapkan terima kasih kepada Resa Sepriani ST, dan Sasra Mafatni STr yang telah banyak membantu dalam penggambaran . Penulis menyadari bahwa isi buku ini masih jauh dari sempurna, penulis sangat mengharapkan saran, kritik dan koreksi, untuk bisa digunakan sebagai masukan bagi perbaikan dimasa datang.

Perencanaan Normalisasi Sungai

Perencanaan Normalisasi Sungai

Penulis         : Dr. Ir. Lusi Utama, MT

                     Dr. Ir. Zahrul Umar, Dipl HE

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2024

 

Sinopsis :

Buku Perencanaan Normalisasi sungai ini terdiri dari 8 Bab. Bab 1. Pendahuluan; Bab 2. Karakteristik Sungai; Bab 3. Analisa Hidrolika; Bab 4. Analisa ukuran Butiran; Bab 5. Perhitungan hujan rencana; Bab 6. Perhitungan Banjir Rencana; Bab 7. Perhitungan Gerusan; dan Bab 8 Normalisasi sungai. Dengan adanya buku ini diharapkan mahasiswa dan Pembaca yang berminat dalam perencanaan normalisasi sungai dapat mempelajari lebih dalam materi yang ada dalam buku ini. Dengan selesainya buku Perencanaan Normalisasi Sungai ini penulis mengucapkan terima kasih kepada Muflihatul Husni ST dan Nursahaja Utama STr yang telah banyak membantu dalam penggambaran dan pengetikan. Disadari bahwa isi buku ini masih jauh dari sempurna, penulis sangat mengharapkan saran, kritik dan koreksi, untuk bisa digunakan sebagai masukan bagi perbaikan dimasa datang.

Model Flipped Classroom Berbantuan Proyek

Model Flipped Classroom Berbantuan Proyek

Penulis         : Syafni Gustina Sari

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 

Sinopsis :

enerapan Model FC di Sekolah dasar sudah banyak terbukti efektif dalam pembelajaran dan lebih baik dari pada pembelajaran yang dilakukan dengan ceramah (Saputra & Mujib, 2018) dan (Sahara & Sofya, 2020). Namun ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penerapan model FC diantaranya yaitu Model FC menuntut kemandirian peserta didik melalui keywords atau gambaran singkat tentang materi yang akan dipelajarinya. Hal tersebut dapat menjadi kendala karena tidak semuanya mampu mencari dan menggali informasi secara mandiri (Hamid & Hadi, 2020). Hasil dari penelitian Juniantari et al., (2019) juga mengungkapkan kekurangan dari penelitiannya yaitu peserta didik masih kurang dalam persiapan pembelajaran walaupun sudah diberikan video pembelajaran. Oleh sebab itu perlu adanya media interaktif yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep secara mandiri di rumah. Media interaktif ini selain terdapat paparan materi untuk memahami konsep, peserta didik juga dituntut untuk melakukan proyek yang harus dikerjakan agar kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik. Media interaktif yang dirancang seharusnya juga menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar

Teknologi Tepat Guna Produksi Minyak Ikan dari Limbah Pengolahan Ikan Patin

Teknologi Tepat Guna Produksi Minyak Ikan dari Limbah Pengolahan Ikan Patin

Penulis         : Netti Aryani, Indra Suharman, Benny Heltonika, Edison

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 

Sinopsis :

Buku "Teknologi Tepat Guna Produksi Minyak Ikan dari Limbah Pengolahan Ikan Patin" adalah sebuah sumber pengetahuan yang berharga dalam bidang pengolahan ikan dan pemanfaatan sumber daya yang berkelanjutan. Buku ini menyajikan teknik-teknik inovatif dan praktis untuk menghasilkan minyak ikan berkualitas tinggi dari limbah mesentrik ikan patin, yang sebelumnya sering dianggap sebagai sisa produksi yang kurang berguna. Dalam buku ini, pembaca akan dibimbing melalui langkah-langkah detail tentang potensi pengolahan ikan patin dan proses ekstraksi minyak dari bagian msentrik, termasuk pemilihan bahan baku yang tepat, metode pengolahan yang efisien, serta penambahan antioksidan untuk mencapai kualitas terbaik. Penjelasan yang mudah dipahami dan ilustrasi yang jelas membuat buku ini cocok untuk para praktisi di industri pengolahan ikan, mahasiswa, peneliti, dan siapa saja yang tertarik untuk memanfaatkan sumber daya ikan secara optimal. 

Mitigasi Bencana Abrasi Pantai Berbasis Kearifan Lokal

Mitigasi Bencana Abrasi Pantai Berbasis Kearifan Lokal

Penulis         : Haryani

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 

Sinopsis :

Buku ajar Mitigasi Bencana Abrasi Pantai Berbasis Kearifan Lokal ini disusun dalam 4 (empat) bagian yang terbagi atas Bagian 1 Pasie Takikieh Kota Pariaman, Bagian 2 Pengelolaan Lingkungan Pesisir berbasis Anak Nagari, Bagian 3 Anak Nagari Manggung dan Kearifan Lokal dan Bagian 4 Penutup serta dilengkapi dengan Glosari. Penyusunan Buku Ajar ini diharapkan mampu mempermudah mahasiswa dalam memahami pengelolaan lingkungan pesisir yang terancam abrasi berbasis kearifan lokal.

Teknologi Tepat Guna Membuat Tepung Berkualitas dari Sisik Ikan

Teknologi Tepat Guna Membuat Tepung Berkualitas dari Sisik Ikan

Penulis         : Prof.Dr.Hafrijal Syandri,MS

                     Dr.Azrita,S.Pi., M.Si

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 

Sinopsis :

teknologi tepat guna untuk membuat tepung ikan berkualitas tinggi. Fokus topik ini mendorong kita untuk memahami bahwa keberlanjutan dan inovasi dapat bekerja sama, membentuk fondasi untuk masa depan yang lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan. Jika sebelumnya dianggap sebagai limbah oleh industri perikanan, sisik ikan sekarang menjadi perhatian utama dalam upaya menjaga keberlanjutan sumber daya perairan dan mengurangi dampak negatifnya. Ini karena teknologi tepat guna memungkinkan kita untuk mengubah sisik ikan menjadi bahan berharga yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi. Tepung sisik ikan berkualitas tinggi adalah bukti nyata bahwa pemikiran kreatif dan berkelanjutan dapat mengubah dunia kita dengan cara yang baik.

SIMPORA XIII : Alam Takambang Jadi Guru

SIMPORA XIII : Alam Takambang Jadi Guru

Penulis         : Desy Aryanti, Lilawati Ab Wahab, Norashikin Abdul Karim,

                      Suriati Ahmad, Nur Huzeima Mohd Hussain

 

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 

Sinopsis :

Pemberdayaan dan perlindungan terhadap warisan budaya bukan hanya karena peranan pentingnya dalam pertumbuhan ekonomi, lapangan kerja, dan pembangunan masyarakat saja, namun tanggung jawab kita sebenarnya lebih besar dari itu, yaitu mewariskan warisan atau peninggalan sejarah yang dapat dihidupi dan dipelajari secara terus-menerus bagi masyarakat. generasi mendatang. Mereka juga berhak belajar dan mengambil manfaat dari keberagaman warisan masa lalu. Jadi, penelitian dan Inovasi mampu meningkatkan kapasitas perlindungan warisan dan budaya yang semakin terancam akibat modernisasi, dengan melakukan upaya preventif terhadap punahnya sejarah dan warisan budaya. Aktivitas dan pergerakan terkait warisan budaya dan sejarah terlihat semakin semarak. Simposium yang diselenggarakan dipandang dapat membantu merevitalisasi peninggalan sejarah agar kembali fokus dan kembali pada jalurnya dalam upaya berdiskusi, mencerna ide dan pemikiran, serta membentuk pemahaman dan kesadaran akan pentingnya harta karun yang tak ternilai harganya.

Teknologi Bangunan

Teknologi Bangunan

Penulis         : Red Savitra Syafril

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 
Sinopsis :

Teknologi Bangunan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, kinerja, dan keamanan bangunan, serta untuk memenuhi kebutuhan penghuni dan pemilik bangunan. Hal ini mencakup penggunaan material dan teknologi yang lebih inovatif, seperti bahan bangunan ramah lingkungan, teknologi struktur dan bangunan berteknologi tinggi, serta aplikasi teknologi digital dalam proses desain dan konstruksi. Teknologi bangunan mencakup berbagai disiplin ilmu dan bidang, seperti ilmu material, teknik sipil atau struktur, arsitektur, teknik mekanikal, teknik listrik, dan manajemen proyek.

Tipologi Ekosistem Perairan, Pesisir, dan Kelautan

Tipologi Ekosistem Perairan, Pesisir, dan Kelautan

Penulis         : Eni Kamal dan Dwieke Putri Wulandari

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 
Sinopsis :

Secara umum Indonesia memiliki berbagai ekosistem yang beragam di wilayah pesisir dan laut dan semua ekosistem tersebut saling memiliki keterkaitan antara satu ekosistem dengan ekosistem lainnya. Buku ini terdiri dari tujuh bagian, bab pertama berisi pengantar mengenai tipologi ekosistem pesisir dan laut, bab kedua mengenai daerah estuaria, bab ketiga mengenai ekosistem mangrove, bab keempat mengenai terumbu karang, dan bab kelima mengenai ekosistem lamun, bab keenam tentang rumput laut, dan bab ketujuh membahas tipologi pesisir.



BUKU PENGANTAR AKUNTANSI II

BUKU PENGANTAR AKUNTANSI II

Penulis         : Siti Rahmi SE,.M.Acc,.AK,.CA

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 

Sinopsis :

Buku Pengantar Akuntansi 2 guna memenuhi Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran

Bioteknologi Probiotik: Bakteri Asal Saluran Pencernaan Ikan

Bioteknologi Probiotik: Bakteri Asal Saluran Pencernaan Ikan

Penulis         : Dr. Ir. Yusra, MSi

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 

Sinopsis :

Buku Bioteknologi Probiotik: Bakteri Asal Saluran Pencernaan Ikan dimaksudkan sebagai sumber informasi dan panduan praktis bagi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta praktisi dalam mengembangkan probiotik untuk meningkatkan pemanfaatan pakan dan pertumbuhan optimal ikan budidaya. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menekan biaya pakan dan pemanfaatan pakan lebih optimal. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang mampu membantu memecah atau menguraikan rantai panjang karbohidrat, protein dan lemak yang menyusun pakan yang diberikan kepada ikan budidaya. Pemecahan molekul kompleks menjadi bentuk yang sederhana jelas akan mempermudah pencernaan lanjutan dan diharapkan dapat mengantisipasi pengendapan pakan yang jatuh ke dasar perairan. Probiotik sangat baik digunakan dalam usaha budidaya ikan karena dapat mempercepat pertumbuhan ikan, meningkatkan kesehatan ikan, dan menjaga kualitas air. Namun, masih banyak petani pembudidaya ikan yang belum mengetahui manfaat, teknik pembuatan serta pengaplikasian probiotik untuk mendukung kegiatan budidaya.

Model Evaluasi Program Uji Kompetensi

Model Evaluasi Program Uji Kompetensi

Penulis         : Ija Darmana, Ganefri, Nizwardi Jalinus, Sukardi & Erliwati

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 

Sinopsis :

Buku model evaluasi program khusunya program uji kompetensi merupakan penjabaran dari salah satu model evaluasi yang dapat di implementasikan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kegiatan pada umumnya dan khususnya program uji kompetensi.

Evaluasi digunakan untuk menentukan tingkat kesenjangan program, tingkat efektivitas program. Berkenaan program pendidikan: 1) Program pendidikan jangka panjang seperti penyelenggaraan sekolah formal, 2) Program pendidikan jangka pendek seperti program diklat, kursus maupun pelatihan. Model evaluasi Kirkpatrick didasarkan pada evaluasi empat tahap, disetiap tahap penilaian didasarkan pada tahap sebelumnya. Menurut Kirkpatrick, penilaian harus selalu dimulai dari tahap pertama (reaksi), kemudian ketahap berikutnya: tahap pembelajaran, tahap tiga perilaku, dan tahap empat merupakan dampak. Informasi yang diperoleh disetiap tahap merupakan dasar evaluasi dimasa depan. Alasan penerapan pengembangan model evaluasi Kirkpatrick dalam buku ini adalah: 1) program uji kompetensi merupakan program jangka pendek, 2) model Kirkpatrick banyak digunakan dalam studi evaluasi dan 3) model Kirkpatrick telah teruji keefektifannya untuk diimplementasikan dalam evaluasi program.

Evaluasi program khususnya program uji kompetensi dilakukan karena beberapa alasan, diantaranya: 1) Pemenuhan ketentuan undang-undang ketenagalistrikan dan peraturan menteri energi dan sumber daya mineral; 2) Mengukur efektivitas dan efesiensi program; 3) Mengukur pengaruh, efek sampingan program; 4) Akuntabilitas pelaksanaan program; 5) Alat mengontrol pelaksanaan program; dan 6) Keputusan mengenai program. Berdasarkan uraian tersebut, perlu dirancang buku model evaluasi program dengan judul “Model Evaluasi Program Uji Kompetensi”.

Pengembangan Bahasa Inggris Pariwisata Budaya

Pengembangan Bahasa Inggris Pariwisata Budaya

Penulis         : Dr. Elfiondri, S.S., M.Hum

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 
Sinopsis :

Industri pariwisata warisan budaya memerlukan tenaga kerja wisata dengan standar kompetensi Bahasa Inggris pariwisata budaya. Sering dengan perkembangan pariwisata budaya yang diperkirakan akan semakin pesat ke depannya, Bahasa Inggris pariwisata warisan budaya perlu dikembangkan untuk tenaga kerja pariwisata, dan yang tidak kalah penting adalah untuk tenaga kerja pariwisata masa depan yang pada saat ini masih menuntut ilmu di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi pariwisata. Fakta lapangan sekarang ini bahwa sejumlah sekolah, akademi, dan universitas pariwisata telah dikembangkan di Indonesia, tetapi belum ada referensi tentang Bahasa Inggris pariwisata warisan budaya. Standar Kualifikasi Kinerja Indonesia (SKKNI) juga belum memuat Bahasa Inggris Pariwisata Warisan Budaya. Buku ini membahas pengembagan Bahasa Inggris Khusus Pariwisata Warisan Budaya.



Menumbuhkan Minat Berwirausaha Sosial dikalangan Mahasiswa

Menumbuhkan Minat Berwirausaha Sosial dikalangan Mahasiswa

Penulis         : Purbo Jadmiko

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 
Sinopsis :

Buku Monograf ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para akademisi untuk terus melanjutkan penelitian mengenai kewirusahaan sosial. Buku ini diharapkan dapat memberikan pandangan tentang hal-hal yang relevan dengan antecedent dari minat menjadi wirausahaan sosial. Selain itu, melalui tulisan ini juga diharapkan tumbuh semangat-semangat baru bagi para akademisi lain untuk terlibat aktif mengkampayekan khususnya pendidikan kewirausahaan sosial di berbagai perguruan tinggi. Peningkatan jumlah wirausaha sosial dikalangan mahasiswa merupakan salah satu peluang mewujudkan kesejahteraan bersama. Selanjutnya, buku Monograf ini ditulis dengan semangat mengembangkan mindset kewirausahaan sosial khususnya dikalangan perguruan tinggi. Selain itu, kumpulan hasil penelitian ini agar dapat berkontribusi/menjadi salah satu policy brief bagi berbagai pemangku kebijakan, baik bagi perguruan tinggi maupun pemerintah. Diharapkan melalui buku ini, desain kurikulum pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi dapat melibatkan unsur kewirausahaan sosial. Oleh karena itu, perlu dorongan bersama/kolaborasi agar mindset mahasiswa dapat berkembang melalui pelatihan dan program-program yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran sosial dan empati terhadap kondisi lingkungan sekitar. Aktivitas pembelajaran dapat didesain ulang untuk meningkatkan kepekaan sosial mahasiswa dalam merespon berbagai permasalahan sosial dan ekonomi saat ini. Dorongan dan semangat ini harus terus dilakukan secara kolektif dan kolaboratif.



Ilmu Politik (Suatu Pengantar)

Ilmu Politik (Suatu Pengantar)

Penulis         : Dr.M.Nursi,M.Si

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 
Sinopsis :

Setelah diakui sebagai ilmu (science), ilmu politik dapat dipandang sebagai cabang atau mengindukk kepada rumpun ilmu sosial (Social Science), yaitu suatu entitas dari body of sosial science seperti ilmu ekonomi, politik, sosiologi, sejarah dan lainnya. Sebagai cabang ilmu sosial, ilmu poltik juga memiliki cabangnya sendiri (brandch of political studies). Berbeda dengan body of social science, kareena meruipakan ranting (sub) lagi dari suatu cabang ilmu sosial, seperti sosiologi politik dan ilmu politik gabungan lainnya (mixed political science) oleh Thomas Jenkin disebut sebagai “Political Studies”(Ibid). Sampai pada perkembangannya sebagai ilmu pengetahuan, ilmu politik juga dipandang sebagai ilmu yang masik muda dan telah tua (Miriam, 1986). Seperti yang secara implist duijelaskan di atas bahwa pada saat belum memperolrh pengakuan sebagai science ilmu poltik tidak memiliki objek dan ruang lingkup yang jelas serta tidak atau belum terorganisir secara sistematik, sehingga ilmu politik dapat dikatakan sebagai ilmu yang sduah tua, karena sudah ada semenjak zaman Yunani kunno. Tetapi sudah memiliki objek dan ruang lingkup yang jelas, maka dapat dikatakan bahwa ilmu politik merupakan ilmu yang masih muda, karena memang baru kahir dan berkembang pesat sebagai science pada akhir abad ke-19 seperti halnya sosiologi, psikologi, antropologi, dan lain-lain.



Proses Produksi

Proses Produksi

Penulis         : Prof. Dr. Hendra Suherman, Irmayani, MT & Talitha Amalia Suherman

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 
Sinopsis :

Proses produksi merupakan suatu proses untuk mengubah bahan baku menjadi produk melalui bermacam-macam proses, sesuai dengan desain yang telah dibuat berdasarkan bentuk, dimensi, sifat fisik, mekanik, maupun kimiawi produk. Didalam buku ini diulas berbagai seluk-beluk proses produksi, mulai dari jenis-jenis material, bermacam proses produksi, bahan dan peralatan, hingga proses produksi yang digunakan dalam menghasilkan sebuah produk.



Buku Ajar : Teori dan Praktikum Rangkaian Listrik

Buku Ajar : Teori dan Praktikum Rangkaian Listrik

Penulis         : Dr. Ir. Ija Darmana, M.T  & Erliwati, S.T., M.T

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 
Sinopsis :

Buku ajar teori dan praktikum rangkaian listrik merupakan penjabaran dari mata kuliah Rangkaian Listrik dan dapat di implementasikan untuk praktikum rangkaian listrik pada Jurusan Teknik Elektro. Materi rangkaian listrik adalah hukum-hukum dan teori-teori kelistrikan yang merupakan pondasi bagi ilmu teknik elektro. Pembahasan dimulai dari fenomena listrik statis (electrostatic) hingga electromagnetism dan bahan listrik. Disamping pembentukan dasar yang kokoh mengenai prinsip-prinsip kelistrikan klasik, ditekankan pula mengenai penerapan praktisnya dalam praktikum rangkaian listrik jurusan teknik elektro. Teori-teori modern serta kemampuan dalam memecahkan masalah. Dengan pemberian contoh fenomena alam atau kejadian sehari-hari yang berhubungan dengan kelistrikan, mahasiswa akan lebih memiliki rasa ingin tahu (curiosity) dan termotivasi untuk belajar.

Selain materi secara teori, materi di implementasikan dalam bentuk praktikum dengan menerapkan metode seperti: 1) Penerapan hukum Ohm dan hukum Kirchhoff, 2) Penerapan metode Mesh Current, 3) Penerapan metode Node Voltage, 4) Penerapan metode Superposisi, 5) Penerapan metode Thevenin, dan 6) Penerapan metode Norton.




Metodologi Penelitian Bisnis

Metodologi Penelitian Bisnis

Penulis         : Surya Dharma, Listiana Sri Mulatsih,

                     Reni Yuloviona, Tyara Dwi Putri, Ice Kamela,

                     Lindawati, Rika Desiyanti, Zeshasina Rosha,Elfitra Azliyanti, Purbo Jadmiko

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 
Sinopsis :

Penulisan Buku ini merupakan pengembangan buku ajar maupun buku referensi menjadi bagian penting dalam materi ajar. Book Chapter disusun dengan mengedepankan kolaborasi dari penyusunan tiap bab oleh dosen sesuai dengan tujuannya. Penulisan book chapter ini merupakan moment penting bagi Prodi Manajemen karena baru kali ini menghasilkan sebuah buku Metodologi Penelitian yang merupakan kolaborasi dari Dosen – Dosen yang telah mempunyai pengalaman dalam mengajar dan membimbing skripsi mahasiswa.




Nelayan Sebagai Aset Bangsa

Nelayan Sebagai Aset Bangsa

Penulis         : Junaidi

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 
Sinopsis :

Buku ini juga dapat digunakan dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi Perikanan, Tataniaga Hasil Perikanan, Manajemen Operasi Penangkapan Ikan dan Agribisnis Perikanan. Materi yang sesuai dengan isu isu utama dan bersifat khusus mengenai Nelayan sebagai Aset Bangsa menggambarkan kondisi nelayan khususnya nelayan di Padang. Nelayan merupakan aset strategis yang perlu diberdayakan agar dia dapat keluar dari kemiskinanan. Oleh karena nelayan merupakan aset bangsa yang strategis berbagai program telah diluncurkan oleh pemerintah dalam upaya membantu mereka keluar dari lingkaran kemiskinan seperti: bantuan alat dan kapal perikanan, dana bergulir, bantuan Modal Kerja Masyarakat Pesisir (MKPEMP), serta program gerakan pensejahteraan masyarakat pesisir (GEPEMP). Berbagai bantuan telah diluncurkan oleh pemerintah, namun kehidupan masyarakat nelayan tidak banyak mengalami perobahan dari waktu kewaktu.




Kewirausahaan dan Information Communication Technology (ICT) : Kajian di Kalangan Pengusaha Perempuan

Kewirausahaan dan Information Communication Technology (ICT) : Kajian di Kalangan Pengusaha Perempuan

Penulis         : Dr. Fivi Anggraini., SE., M.Si., Ak., CA

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 
Sinopsis :

Information communication and technology (ICT) merupakan platform digital yang menghasilkan peluang untuk aktivitas kewirausahaan dengan memanfaatkan alat seperti internet, teknologi seluler, dan komputasi sosial. Buku ini mengkajian information communication technology (ICT) berfokus pada niat mengadopsi ICT dikalangan pengusaha perempuan pada masa pandemi COVID-19. Analisis faktor digunakan untuk mengidentifikasi faktor yang paling berpengaruh terhadap adopsi ICT pada kalangan pengusaha perempuan di UKM. Buku ini memuat tentang sekilas UKM di Sumatera Barat, kajian praktik kewirausahaan perempuan dan kaitannya dengan menggunakan ICT masa pandemi Covid-19, manfaat dan kendala penggunaan ICT serta strategi pengembangan penggunaan information communication technology (ICT). 




Budu, Produk Fermentasi Ikan Sumatera Barat

Budu, Produk Fermentasi Ikan Sumatera Barat

Penulis         : Dr. Ir. Yusra, MSi

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 
Sinopsis :

Buku Budu, Produk Fermentasi Ikan Sumatera Barat dimaksudkan sebagai bahan informasi dan pedoman bagi akademisi dan praktisi untuk mengembangkan ikan budu sebagai bahan pangan. Ikan budu merupakan salah satu produk fermentasi ikan yang dijumpai di beberapa daerah pesisir Sumatera Barat, seperti Pasaman, Tiku dan Pariaman yang masih dilakukan secara tradisional. Proses pengolahan yang dilakukan oleh nelayan berbeda-beda sesuai dengan keterampilan yang mereka peroleh secara turun temurun. Pengolahan ikan budu merupakan gabungan antara fermentasi, penggaraman dan pengeringan. Ikan budu memiliki rasa dan aroma yang khas, yang membuat ikan ini bernilai ekonomi yang tinggi.   Buku ini memuat tentang sekilas tentang fermentasi ikan, peranan garam dalam proses fermentasi ikan, sekilas tentang fermentasi ikan budu, bakteri asam laktat yang terkandung dalam ikan budu, senyawa antimikroba dalam bakteri asam laktat yang berasal dari ikan budu dan bakteri asam laktat sebagai biopreservatif.




Pembinaan dan Pembelajaran Kondisi Fisik

Pembinaan dan Pembelajaran Kondisi Fisik

Penulis      :  Ali Mardius

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2022

 
Sinopsis :

Kondisi fisik merupakan salah satu elemen penting yang harus masuk kedalam bagian rancangan program latihan jangka panjang maupun program latihan jangka pendek. Tujuannya adalah untuk mengkondisikan fisik atlet agar selalu dapat bertahan dan beradaptasi dengan situasi pertandingan sesungguhnya.

Latihan fisik tidak hanya bermanfaat bagi para atlet, namun juga bermanfaat bagi semua orang yang ingin mendapatkan tubuh  yang bugar. Manfaat dari seseorang yang memiliki tubuh yang bugar adalah seseorang akan mampu melakuan aktivitas fisik dalam jangka waktu yang lebih lama dan terasa ringan. Kebugaran  dipengaruhi oleh aktifitas fisik yang dilakuan dan aktifitas untuk memperoleh kebugaran harus diprogram dengan benar. Agar supaya, tercapainya tingkat kebugaran fisik yang diinginkan.




Rekayasa Irigasi dan Aplikasi : Bangunan

Rekayasa Irigasi dan Aplikasi : Bangunan

Penulis      :  Afrizal Naumar dan Zahrul Umar

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2022

 
Sinopsis :

Perencanaan Bangunan Irigasi  Bagian Bangunan yang meliputi teori dasar, persamaan aplikatif  dalam perencanaan bangunan irigasi dan  dilengkapi contoh perhitungan  perencanaan. Buku ini terdiri dari tujuh Bab yaitu Bab 1 Pendahuluan; Bab 2 Prinsip dasar aliran pada bangunan irigasi; Bab 3 Bangunan Ukur; Bab 4 Bangunan pengatur tinggi muka air; Bab 5 Bangunan bagi dan bangunan sadap; Bab 6 Bangunan pembawa  dan Bab7 Bangunan pelindung.





Pengantar Mikrobiologi Hasil Perikanan

 

Pengantar Mikrobiologi Hasil Perikanan

Penulis      :  Yusra dan Yempita Efendi

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2022

 
Sinopsis :

Kegiatan budidaya ikan dalam keramba jaring apung (KJA) akan menghasilkan sisa hasil metabolisme dari ikan dan sisa pakan yang tidak termanfaatkan. Pakan yang tidak dimanfaatkan dan sisa metabolisme
dari ikan budidaya akan masuk kedalam air, dan akan terurai melalui
proses dekomposisi menjadi CO2, NO3, dan PO4. Sehingga jika jumlah
keramba jaring apung banyak, maka CO2, NO3, PO4 yang dihasilkan akan semakin banyak. pemberian pakan dengan penambahan probiotik pada budidaya ikan lele dapat menyebabkan peningkatan berat tubuh ikan saat panen dan juga berguna untuk menekan biaya produksi yang pada akhirnya berdampak pada jumlah  keuntungan yang diperoleh. Hal ini juga diperkuat oleh pernyataan Erzaneti et al., (2018) bahwa penggunaan probiotik dapat meningkatkan efisiensi nutrisi pakan karena zat-zat yang terkandung didalamnya akan mudah terserap oleh tubuh ikan disebabkan karena adanya enzim protease yang dihasilkan oleh bakteri proteolitik.






Metode Perancangan Arsitektur

Metode Perancangan Arsitektur

Penulis         : Desy Aryanti

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2022

 

 Sinopsis :

Dalam buku ini, tertulis bagaimana pentingnya metoda perancangan dan juga bagaimana materi yang disajikan yang relevan dengan mata kuliah mengenai metoda perancangan arsitektur yang menjadi alternatif pegangan bagi mahasiswa dan dosen yang menempuh studi tersebut. Perancangan dalam konteks arsitektur adalah semata-mata usulan pokok yang mengubah sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih baik. Perancangan dapat dianggap sebagai suatu proses tiga bagian yang terdiri dari keadaan mula, sesuatu metode atau proses transformasi, dan suatu keadaan masa depan yang dibayangkan. Karena metode merupakan salah satu bagian dari suatu perancangan, maka bagian ini sangat penting untuk dipelajari



Kajian Minat Berwirausaha Sosial dikalangan Mahasiswa

Kajian Minat Berwirausaha Sosial dikalangan Mahasiswa

Penulis         : Purbo Jadmiko

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2022

 
Sinopsis :

Buku ini memberikan pandangan tentang hal-hal yang relevan dengan antecedent dari minat menjadi wirausahaan sosial. Selain itu, melalui tulisan ini juga diharapkan tumbuh semangat-semangat baru bagi para akademisi lain untuk terlibat aktif mengkampayekan khususnya pendidikan kewirausahaan sosial di berbagai perguruan tinggi. Peningkatan jumlah wirausaha sosial dikalangan mahasiswa merupakan salah satu peluang mewujudkan kesejahteraan bersama. buku Monograf ini ditulis dengan semangat mengembangkan mindset kewirausahaan sosial khususnya dikalangan perguruan tinggi. Selain itu, kumpulan hasil penelitian ini agar dapat berkontribusi/menjadi salah satu policy brief bagi berbagai pemangku kebijakan, baik bagi perguruan tinggi maupun pemerintah. Diharapkan melalui buku ini, desain kurikulum pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi dapat melibatkan unsur kewirausahaan sosial. Oleh karena itu, perlu dorongan bersama/kolaborasi agar mindset mahasiswa dapat berkembang melalui pelatihan dan program-program yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran sosial dan empati terhadap kondisi lingkungan sekitar. Aktivitas pembelajaran dapat didesain ulang untuk meningkatkan kepekaan sosial mahasiswa dalam merespon berbagai permasalahan sosial dan ekonomi saat ini. Dorongan dan semangat ini harus terus dilakukan secara kolektif dan kolaboratif.






Hukum Agraria

Hukum Agraria

Penulis         : Maiyestati

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2022

 
Sinopsis :

Buku ini terdiri dari 4 (empat) bab. Bab I membahas tentang Hukum Agraria sebelum berlakunya Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria yang terdiri dari : I. Pokok Hukum Agraria Kolonial Belanda. II. Perkembangan Hukum Agraria Sebagai Hukum Positif dan Kedudukan Sebagai Mata Kuliah Mandiri. III. Usaha-Usaha Pembaruan Hukum Tanah Setelah Proklamasi dan Tindakan-Tindakan untuk Mengatasi Masalah Pertanahan yang harus segera diselesaikan. IV. Sejarah penyusunan Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA). V. Konversi Hak-Hak Atas Tanah. Bab II membahas tentang Peranan Hukum Tanah Adat Dalam Pembangunan Hukum Tanah Nasional. Bab III membahas tentang Jenis-Jenis Hak Penguasaan Atas Tanah Dalam Hukum Tanah Nasional. Bab IV. Membahas Tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pendaftaran Tanah.

 






Perumahan Aman Bencana

Perumahan Aman Bencana

Penulis      : Haryani 

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2022

 
Sinopsis :

Perumahan yang aman dari berbagai ancaman bencana terutama di daerah-daerah yang memiliki multi bencana. Bencana yang sering melanda kawasan perumahan terutama bencana banjir, longsor, gempa dan lain-lain. Buku ini melihat lebih detail bagaimana perumahan dapat direncanakan aman dari bencana terutama banjir, longsor dan abrasi pantai. Secara ekosistem, kondisi alamiah Indonesia sangat khas karena posisinya yang berada di dekat khatulistiwa dengan cuaca, musim, dan iklim tropis, yang merupakan aset atau sumber daya yang sangat besar bagi bangsa Indonesia. Di samping keberadaan yang bernilai sangat strategis tersebut, Indonesia berada pula pada kawasan rawan bencana, yang secara alamiah dapat mengancam keselamatan bangsa. Dengan keberadaan tersebut, penyelenggaraan penataan ruang wilayah nasional harus dilakukan secara komprehensif, holistik, terkoordinasi terpadu, efektif, dan efisien dengan memperhatikan faktor politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan, dan kelestarian lingkungan hidup.

 






Digitalisasi Kewirausahaan Perempuan : Pengukuran dari Adopsi ICT

Digitalisasi Kewirausahaan Perempuan : Pengukuran dari Adopsi ICT
 
Penulis    : fivi Anggraini 
Penerbit      : LPPM Universitas Bung Hatta
Tahun          : 2022
 

Sinopsis :

Tujuan penulisan buku monograf ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada pembaca tentang digitalisasi kewirausahaan perempuan suatu pengukuran dari adopsi information communication technology (ICT), sebagaimana judul dari buku ini. Pengukuran adopsi ICT dilakukan dengan cara mengidentifikasi faktor-faktor diantaranya kesadaran akan manfaat, dukungan keuangan, infrastuktur, dukungan manajemen, pengetahunan dan keterampilan ICT dan dukungan pemerintah yang mempengaruhi niat penerapan ICT pada UKM antara pengusaha perempuan di era pademi Covid-19. 

 






Akuakultur : Ikan untuk Kesehatan

Akuakultur : Ikan untuk Kesehatan

Penulis    : Prof. Dr. Ir. Hafrijal Syandri, MS  
                 Prof. Dr. Ir. Netti Aryani, MS
Penerbit  : LPPM Universitas Bung Hatta
Tahun     : 2022
 

Sinopsis :

Ikan, termasuk finfish, krustasea dan moluska adalah makanan sehat. Ikan memainkan peran utama dalam nutrisi manusia, menyediakan setidaknya 20% dari asupan protein untuk sepertiga populasi penduduk dunia, dan ketergantungan tertinggi di negara berkembang. Selain protein, ikan juga kaya akan sumber asam lemak yang ramah kesehatan, terutama asam lemak tak jenuh ganda omega-3. Ikan yang tergolong kelompok small indigenous fish (SIFs), selain kaya sumber protein dan minyak ikan, juga padat mikronutrien yang dapat memainkan peran penting dalam memberantas penyakit defisiensi mikronutrien yang lazim di negara-negara berkembang. Beberapa mikronutrien umumnya lebih melimpah pada hewan air daripada pada daging atau tumbuhan mamalia, misalnya vitamin D pada ikan berminyak atau mineral seperti yodium, selenium, seng, magnesium, dan kalsium. Oleh karena itu, ketahanan pangan mencakup empat dimensi utama yaitu ketersediaan pangan, akses pangan, pemanfaatan pangan dan stabilitas pangan.

Buku ini membahas tentang ikan sebagai sumber pangan, prospek dan tantangan ikan untuk ketahanan pangan, dampak COVID-19 terhadap ketahanan pangan dan masa depan akuakultur indonesia untuk ketahan pangan.