Model Flipped Classroom Berbantuan Proyek

Model Flipped Classroom Berbantuan Proyek

Penulis         : Syafni Gustina Sari

Penerbit       : LPPM Universitas Bung Hatta

Tahun          : 2023

 

Sinopsis :

enerapan Model FC di Sekolah dasar sudah banyak terbukti efektif dalam pembelajaran dan lebih baik dari pada pembelajaran yang dilakukan dengan ceramah (Saputra & Mujib, 2018) dan (Sahara & Sofya, 2020). Namun ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penerapan model FC diantaranya yaitu Model FC menuntut kemandirian peserta didik melalui keywords atau gambaran singkat tentang materi yang akan dipelajarinya. Hal tersebut dapat menjadi kendala karena tidak semuanya mampu mencari dan menggali informasi secara mandiri (Hamid & Hadi, 2020). Hasil dari penelitian Juniantari et al., (2019) juga mengungkapkan kekurangan dari penelitiannya yaitu peserta didik masih kurang dalam persiapan pembelajaran walaupun sudah diberikan video pembelajaran. Oleh sebab itu perlu adanya media interaktif yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep secara mandiri di rumah. Media interaktif ini selain terdapat paparan materi untuk memahami konsep, peserta didik juga dituntut untuk melakukan proyek yang harus dikerjakan agar kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik. Media interaktif yang dirancang seharusnya juga menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar