DIPENGUJUNG TAHUN 2022 WRC MELAKUKAN SOSIALISASI PENGELOLAAN SAMPAH DENGAN PEMERINTAHAN NAGARI MATUR MUDIAK DAN NAGARI LAWANG KAB,AGAM

Wash Recycle Center (WRC) Universitas Bung Hatta bersama sama dengan LPPM melakukan sosisalisasai pengelolaan sampah dinagari Kemacamatan Matur yang dihadiri oleh Camat Matur Agam Drs Subchan. Acara ini dilaksanakan tanggal 19 Desember 2022 bertempat di Ruang Sidang Walinagari dan dihadiri oleh ketua dan sekretaris LPPM, Kabid PKM dan Direktur WRC Universitas Bung Hatta.

Menurut Camat Matur. Pemerintahan kecamatan matur menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas Sosialisasai pengelolaan sampah oleh WRC dan kerjasama nagari binaan oleh LPPM Universitas Bung Hatta yang sangat peduli dnenga kebutuhan masyarakat nagari, terlebih lagi nagari Lawang sebagai daerah ikon wisata yang sangat membutuhkan perhatiaan terhadap kebersihan dan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang berwisata sekaligus dapat meningkatkan pendapatan daerahnya. Kedepan kami akan siapkan lokasi sentra pengelolaan sampah maupun usaha perikanan darat ujar Wali nagari Lawang Franki Putra SP.d sehingga proses pendampingan salah satu pengelolaan sampah organic menjadi magoot oleh dosen Universitas Bung hatta dapat terealiasasi di tahun anggaran 2023. Disamping itu secara umum nagari matur butuh juga tim ahli dosen Universitas Bung Hatta dari berbagai bidang untuk mengembangkan nagari nagari di kecamatan Matur ..imbuh pak camat.

Ketua LPPPM Dr.Azrita, MSi menyampaikan bahwa Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat Universitas Bung Hatta siap berkolaborasi mengaplikasikan tridarma pergutuan tinggi dengan pemerintahan nagari lawang maupun kecamatan matur secara umum terlebih lagi di Universita Bung Hatta sudah terbentuk lembaga pusat pengelolaan sampah “WRC”.

Direktur WRC Suryadimal,MT menyampaikan pula bahwa pada Kegiatan sosislisasi dan penandatangan PKS dengan nagari matur dan lawang juga diisi materi pengelolaan sampah organic menjadi produksi magoot oleh pakar magoot WRC ibu Dr.Ir.Yusra, MS.i dan Bank sampah Yeasy Darmayanti , SE,MSi,Ph.D.

Pada masa depan WRC Universitas Bung Hatta akan berperan dalam kegiatan sosisalisasi pengelolaan sampah menjadi sesuatu yang mermanfaat “BAPITIH’ sehingga diharapkan pula dapat juga sebagai corong media promosi Universitas Bung Hatta ditengah masyarakat.