PENGENALAN TEST OF ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE (TOEFL) KEPADA SISWA-SISWA SMA KOTA PADANG: SMAN 8 DAN SMAN 13

 

Padang, 20 Juni 2023 – Prodi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta telah sukses melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Pengenalan Test of English as A Foreign Language (TOEFL) yang dilaksanakan di dua sekolah di kota Padang, yaitu SMAN 8 dan SMAN 13 pada Senin, 12 Juni 2023. Dalam sosialisasi tersebut, Dr. Yusrita Yanti, S.S., M.Hum. selaku ketua PKM sekaligus narasumber bersama dengan Dosen Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta Diana Chitra Hasan, M.Hum., M.Ed., Ph.D. Pada kesempatan ini, Tim PKM prodi Sastra Inggris (SING) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Bung Hatta  datang ke beberapa sekolah menegah atas (SMA) Negeri di kota Padang yaitu SMAN 8 dan SMAN 13 untuk mengenalkan apa itu TOEFL, bagaimana model test dibagian Listening, Structure dan Reading Comprehension serta bentuk soal ujian yang diberikan pada setiap bagian tersebut.

Kegiatan PKM ini memberikan pengenalan Model Test TOEFL untuk bagian Listening, tips dan mengerjakan soal, contoh soal dan pembahasan, Pola soal dan pembahasan; begitu juga pada bagian Structure dan Written Expression, tips dan trik mengerjakan soalnya, contoh soal dan pembahasan, pola soal dan pembahasan, kemudian pengenalan model test untuk Reading Comprehension, tips dan trik mengerjakan soal Reading, contoh soal dan pembahasan, pola soal Reading dan pembahasan. Pada sesi akhir PKM akan diberikan simulasi contoh soal TOEFL  untuk Section 1 Listening. Dengan mengetahui jenis-jenis pertanyaan di bagian  Listening para siswa dapat belajar lebih terarah dan siap  mengikuti  test TOEFL dan hasilnya bisa lebih maksimal. Lebih lanjut, para siswa pun akan termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris secara intensive dan menjadikan Bahasa Inggris sebagai hal penting untuk dipelajari dan sebagai motivasi buat para siswa untuk melanjutkan studinya ke perguruan tinggi untuk mengambil bidang Bahasa Inggris sebagai lahan pekerjaan nantinya.Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membagikan ilmu yang bermanfaat kepada para siswa siswi SMAN 8 dan SMAN 13 tentang TOEFL, mengingat tes kemampuan berbahasa Inggris ini sangat penting.

Kegiatan PKM pertama dimulai pada pukul 10.00 WIB di Aula SMAN 8 Padang, dan diawali dengan kata sambutan dari Wakil Kepala Sekolah SMAN 8. Drs. Parizal, M.Si lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua TIM PKM Prodi Sastra Inggris Dr. Yusrita Yanti, S.S., M.Hum. yang sekaligus juga sebagai narasumber yang menyampaikan materi pengenalan tentang TOEFL. Setelah pemberian materi, dilanjutkan dengan sesi percobaan model test TOEFL untuk bagian atau section Listening, Structure and Written Expressions, dan Reading Comprehension. Acara pengenalan TOEFL ini diikuti oleh para siswa-siswi yang sangat antusias mendengarkan dan menjawab pertanyaan model Test TOEFL. Dari sesi percobaan model test TOEFL ada  tiga siswa yang mendapatkan nilai tertinggi yang selanjutnya diberikan hadiah.

Acara kegiatan ini kemudian diakhiri pada sesi foto bersama yang di ikuti seluruh siswa-siswi SMAN 8 Padang, Ketua PKM, perwakilan sekolah dan mahasiswa Universitas Bung Hatta sebagai bentuk dokumentasi berlangsungnya kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut.

Selanjutnya, pada pukul 13.30 WIB kegiatan PKM yang ke dua dilanjutkan dengan mengunjungi SMAN 13 Padang. Kegiatan pengenalan TOEFL diadakan di labor SMAN 13 Padang, yang diawali dengan kata sambutan dari  Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Arnaldy, S.Pd didamping Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana Asril, S.Pd  dan sepatah kata dari Prodi Sastra Inggris yang disampaikan oleh  Diana Chitra Hasan, M.Hum., M.Ed., Ph.D. selaku dosen prodi Sastra Inggris sekaligus juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pengenalan TOEFL yang terdiri dari tiga section, yaitu listening, Structure and Written Expressions, Reading Comprehension dan ditutup dengan simulasi contoh soal TOEFL dan diakhiri dengan pemberian hadiah bagi pemenang yang mendapatkan nilai tertinggi dalam menjawab contoh soal TOEFL.

PKM Prodi Sastra Inggris yang mengusung tema besar “TOEFL Goes to School” yang bertajuk Pengenalan TOEFL kepada Siswa-Siswa SMA Kota Padang diharapkan akan bermanfaat bagi siswa untuk lebih memahami Bahasa Inggris sehingga tidak canggung dalam melakukan Test TOEFL dan hasil Score TOEFL yang didapat akan maksimal dan memuaskan sehingga dapat digunakan untuk syarat melamar beasiswa, melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, dan berkiprah di dunia kerja. Dengan menguasai Bahasa Inggris, pintu kesuksesan akan terbuka lebar. Kegiatan PKM Prodi Sastra Inggris Universitas Bung Hatta ini juga melibatkan mahasiswa Prodi Sastra Inggris, yaitu Anisa, Dellia, Dea, Vindy, dan M.Arif.