Mahasiswa dan Dosen FTSP UBH, Laksanakan PKM Internasional di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia

 

Mahasiswa dan dosen Teknik Sipil Universitas Bung Hatta melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) International di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) – Kuala Lumpur Malaysia.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 9 Juni 2023 Dalam rangka mengembangkan kreativitas mahasiswa serta mendukung program Merdeka Belajar, 2 orang mahasiswa Teknik Sipil UBH , yaitu: Salsabila Quraini Rahmi dan Nabilla Dwi Listyorini, mengikuti kegiatan tersebut, didampingi oleh beberapa orang dosen Teknik Sipil, yaitu: Rini Mulyani, Yulcherlina, Rita Anggraini, Bahrul Anif dan Indra Khaidir.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut didukung penuh oleh LPPM Universitas Bung Hatta melalui skema Hibah Internal PKM Universitas Bung Hatta Tahun 2023.
Rombongan dari Universitas Bung Hatta diterima langsung oleh Kepala Sekolah SIKL, Friny Napasti, S.Pd, M.Pd dan Waka Humas SIKL, Deany Yasir Wirya, S.Pd. Dalam sambutannya, Friny Napasti menjelaskan mengenai profil SIKL dan peluang beasiswa bagi siswa/i SIKL untuk melanjutkan studi di Universitas Bung Hatta.

Peluang lain yang ditawarkan adalah pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) International, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM ) International di berbagai negeri di Negara Malaysia. Yang mana SIKL juga membawahi serta membina 46 Sekolah Binaan (SB) tersebar diberbagai pelosok Negara Malaysia. Sehingga mahasiswa/i Universitas Bung Hatta bisa melaksanakan berbagai macam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbasis International.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi Mitigasi Bencana di Sekolah yang disampaikan oleh mahasiswa Teknik Sipil UBH, Salsabila Quraini Rahmi dan Nabilla Dwi Listyorini, serta diikuti oleh siswa-siswi SMA SIKL jurusan IPA dan IPS.

Ketua Tim PKM Teknik Sipil, Rini Mulyani, menyampaikan pentingnya mitigasi bencana di sekolah guna melindungi siswa dan staf pengajar dari bahaya fisik, meminimalisir dampak bencana serta memastikan keberlanjutan kegiatan pendidikan pasca terjadi bencana.

Selain sosialisasi mitigasi bencana, Tim PKM UBH juga melakukan sosialisasi mengenai prodi Teknik Sipil dan Universitas Bung Hatta. Peluang kerjasama antara SIKL dan Universitas Bung Hatta dan juga disampaikan oleh Yulcherlina selaku dosen merangkap narahubung UBH dengan pihak SIKL guna keberlanjutan kegiatan kerjasama kedepannya.