LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) DAN PEMBINAAN KARAKTER UNTUK PENGURUS OSIS SMA NEGERI 8 PADANG” OLEH TIM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS BUNG HATTA

 

Pelaksanaan Kegiatan “Latihan Dasar Kepemimpinan  (LDK) dan Pembinaan Karakter untuk Pengurus OSIS SMA Negeri 8 Padang”  di SMA Negeri 8 Padang di sambut antusias oleh peserta, yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 15 Juni 2023, sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Padang  yaitu Bapak Zahroni,M.Pd ketika memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara mengatakan bahwa   Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dengan memberikan pelatihan  Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan  (LDK) dan Pembinaan Karakter ini sangat bermanfaat sekali untuk siswa di SMA Negeri 8, karena siswa siswa ini adalah calon calon pemimpin bangsa dan tonggak estafet dan juga memberikan pembinaan karakter yang sesuai dengan Adat basandi sarak,sarak basandi kitabullah. Dalam hal ini Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Padang mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi sekali kepada Universitas Bung Hatta khususnya kepada Tim Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Pengurus Osis, Pembina Osis dan juga Wakil Kepala sekolah SMA Negeri 8 Padang, sebanyak 30 orang. Ketua Tim PKM         Hj. Eni Desfitri,S.Pd,M.Pd menyatakan dengan memberikan pelatihan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan siswa sebagai Pengurus dan Anggota Osis  Tentang Latihan Dasar Kepemimpinan dan tentang karakter siswa.

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan  (LDK) dan Pembinaan Karakter untuk Pengurus OSIS SMA Negeri 8 Padang tersebut menampilkan narasumber dari Dosen PGSD FKIP Universitas Bung Hatta yaitu Hj. Eni Desfitri,S.Pd, MPd, dengan Materi Kepemimpinan dan Organisasi, Hidayati Azkiya, S.Pd., M.Pd dengan materi Penyusunan Proposal dan Penyusunan Laporan dan nara sumber selanjutnya Risa Yulisna, S.Pd., M.Pd. membahas tentang Pembinaan Karakter Siswa.Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dosen-dosen PGSD FKIP Universitas Bung Hatta sebagai TIM Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu, Arlina Yuza, S.Pd,M.Pd, Ade Sri Madona,S.Pd,M.Pd, Erwinsyah Satria,M.Si,M.Pd, Heri Effendi, S.PdI, M.Pd dan Dr. Erlina, M.Pd

Ketua LPPM Universitas Bung Hatta  Dr. Azrita, S.Pi,M.Si mengharapkan agar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dapat terlaksana  karena  merupakan bentuk dari Tri Darma Perguruan Tinggi sebagaimana tertuang  dalam UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dijelaskan bahwa Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan kegiatan Civitas  Akademi dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan Bangsa.