PELATIHAN PEMBELAJARAN MODIFIKASI BERMAIN PADA RUANG LINGKUP AKTIVITAS PENGEMBANGAN DALAM PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA SPNF SKB PADANG PARIAMAN

 

Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Bung Hatta, telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul " Pelatihan Pembelajaran Modifikasi Bermain pada Ruang Lingkup Aktivitas Pengembangan dalam Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa SPNF SKB Padang Pariaman ". Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin 15 Mei 2023 di SPNF SKB Padang Pariaman. Pada kegiatan ini, pemaparan materi di sampaikan oleh ketua PKM Ali Mardius, S.Pd, M.Pd.

Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari siswa-siswi Kelas XII paket C SPNF SKB Padang Pariaman, yang mana terdiri dari siswa berbagai usia . Selama kegiatan berlangsung peserta terlihat semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Saat pemaparan materi, bapak Ali Mardius, selaku pemateri menjelaskan bahwa dari 273,52 Juta warga Indonesia hanya 27 % yang rutin berolahraga, maka dari itu kita harus tingkatkan jumlah warga yang berolahraga dengan cara berinvestasi untuk kesehatan dengan cara berolahraga minimal 3x seminggu. Pada saat kegiatan berlangsung,

Kebugaran jasmani siswa-siswi SPNF SKB Padang Pariaman dicek dengan cara cek denyut nadi istirahat dan saat berolahraga, dilanjutkan dengan beetest. Berdasarkan hasil cek kebugaran disimpulkan bahwa hanya 15% peserta yang mampu melawati tes sampai level 8.

Selain itu, selama kegiatan PKM berlangsung juga dilakukan promosi dan pengenalan kampus Universitas Bung Hatta, terutama prodi PJKR Oleh Alfiqroam Kumar, M.Pd, AIFO dan Ary Suud Cahyo Alben, S.Pd, M.Pd.