PRODI TRKJ UNIVERSITAS BUNG HATTA LATIH SISWA SMKN 1 SINTOGA PADANG PARIAMAN ILMU DIGITAL MARKETING

 

Program studi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan (TRKJ), Universitas Bung Hatta laksanakan pelatihan digital marketing untuk siswa SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang, Padang Pariaman di Laboratorium Komputer Sekolah, Jumat 05 Mei 2023.......

Rombongan tim prodi TRKJ terdiri dari Kepala Prodi, beberapa orang dosen prodi serta 3 orang Mahasiswa Prodi TRKJ. Sementara dari dari pihak sekolah yakni Siswa-siswi kelas XII sebagai peserta pelatihan, dan beberapa orang guru yang ikut mendampingi selama berjalannya kegiatan.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh salah satu dosen prodi TRKJ dan kata sambutan yang disampaikan oleh Ketua prodi TRKJ, selanjutnya pemaparan materi dan praktik langsung ilmu digital marketing pada peserta yang hadir melalui unit komputer mereka masing-masing. Sebelum sesi pemaparan dimulai, tim melakukan Pre-Test untuk melihat tingkat pengetahuan peserta dan melakukan Post-test setelah sesi pelatihan selesai dengan tujuan mengukur peningkatan pengetahuan dan kemampuan peserta terhadap pelatihan yang diberikan.

Transfer ilmu pada kegiatan ini berlangsung dengan baik, ini terlihat begitu cepatnya peserta mempraktikan instruksi yang diberikan, selain itu juga mereka nampak antusias mengikuti hingga selesai dengan memberikan banyak feedback berupa pertanyaan dan luapan ekspresi menyenangkan. Dari hasil Post-test yang dilaksanakan, terlihat terjadi peningkatan signifikan pengetahuan dan kemampuan peserta terhadap ilmu digital marketing. Bahkan tim PKM akhirnya memutuskan untuk melanjutkan distribusi ilmu digital marketing secara daring melalui sebuah grup WhatsApp khusus, semua peserta join dalam grup tersebut.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari pihak Sekolah, Dra. Busraini selaku Kepala SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang menyambut baik pelatihan seperti ini dan berharap Universitas Bung Hatta terkhusus pada Prodi TRKJ bisa melakukan lebih banyak lagi agenda lain di Sekolah itu, karena diharapkan dengan banyaknya kegiatan mitra dilakukan di Sekolah itu maka Siswa dan siswi mendapat banyak wawasan baru yang tentunya makin bagus untuk membuka cakrawala mereka di era yang serba digital seperti saat ini.

“Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi TRKJ yang dilaksanakan setiap tahun dengan aktifitas dan lokasi yang berbeda, sebelumnya berturut-turut dilaksanakan pada Nagari Tiku Utara dan Tiku V Jorong di Kabupaten Agam dengan fokus membuat website Nagari sekaligus memberikan pelatihan pengelolaan untuk perangkat Nagari, dan tahun ini kita laksanakan di Sekolah dengan harapan kompetensi yang ada di Prodi TRKJ bisa dimanfaatkan oleh Masyarakat termasuk juga Siswa dan Siswi, kemudian dengan ini juga diharapkan prodi TRKJ bisa makin dikenal oleh masyarakat luas” ungkap Zulfadli, S. Kom., M Sc. Dosen prodi TRKJ sekaligus ketua tim PKM.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta aktif mendorong dosen untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan kepakaran dalam membantu masyarakat melalui program yang ada, salah satunya program PKM yang dilaksanakan setiap tahun dengan anggaran dana internal. Diharapkan sinergi antara Perguruan Tinggi dengan berbagai pihak bisa menciptakan banyak inovasi yang dapat mempercepat kemajuan di Masyarakat.