EDUKASI PENGGUNAAN INTERNET DAN MANAJEMEN KEUANGAN PADA GENERASI GEN Z DI SMA 14 PADANG

 

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengadakan kegiatan PKM internal 2023 pada hari Sabtu tanggal 18 Maret 2023 di SMA 14 Padang. Kegiatan masyarakat segera dilaksanakan, mengingat kegiatan sekolah kelas 12 akan segera berakhir dan para siswa akan libur panjang dari belajar. Pemaparan materi disampaikan oleh ketua PKM Rika Desiyanti, SE., M.Si., Ph.D. Penyampaian kegiatan promosi dan pengenalan kampus Universitas Bung Hatta dilakukan oleh Dr. Fivi Anggraini SE., M.Si., Akt., CA dan Ice Kamela, SE., M.M. Pesertanya adalah 50 siswa kelas 12 yang awalnya bergabung dan 5 siswa yang bergabung belakangan, 10 orang undangan guru dan tim dosen. Selain kegiatan PKM, tim dosen Bung Hata juga melakukan presentasi dan pengenalan kampus. Kegiatan PKM ini diadakan di ruang guru SMA 14 Padang.

SMA 14 Padang termasuk generasi/gen Z yang lebih banyak melekat dengan perkembangan teknologi termasuk internet. Generasi Z adalah yang tertinggi di Indonesia yang paling banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di internet. Gen Z bisa kreatif berkat internet, generasi yang jauh lebih kreatif dengan teknologi dan menghasilkan uang. Seperti produser konten, podcaster, vlogger hingga memulai startup sendiri. Gen Z paling cepat menyebarkan informasi dan mencari solusi dari teknologi yang berkembang pesat. Generasi Z juga berusaha membangun self-branding di media sosial dan juga menghasilkan uang. Namun Penggunaan internet dan medsos haruslah lebih bijak agar tidak kebablasan teknologi dan menghabiskan waktu yang berlebihan dengan internet melalui handphone, android, komputer maupun laptopnya.

 Kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat pada siswa SMA 14 Padang memberikan edukasi tentang penggunaan internet yang bijak, aman dan produktif dan manajemen keuangan (bagaimana mengatur dan mengelola keuangan siswa baik uang yang didapat dari orang tua maupun yang didapat dari hasil menggunakan internet). Diharapkan siswa mempunyai kemampuan untuk bisa menggunakan internet dengan bijaksana, aman dan produktif serta siswa dapat mengatur.mengelola keuangannya.