PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK TUTOR PAKET C PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI PKBM SENTOSA HATI KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG OLEH TIM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIV BUNG HATTA

 

Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Tutor Paket C Pada Masa Pandemi Covid 19 di PKBM Sentosa Hati kecamatan Kuranji Kota Padang di sambut antusias oleh peserta (Rabu. 18/05/2022) sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Yayasan PKBM Sentosa Hati yaitu Wahyu Eka Kartika,S.Pd,MM sebagai mitra LPPM Universitas Bung Hatta dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa   Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan memberikan pelatihan  untuk Tutor di PKBM sentosa hati sejak pertama berdirinya tahun 2008, Universitas Bung hatta merupakan pertama kali memberikan pelatihan terhadap PKBM Sentosa Hati. Dalam hal ini Ketua yayasan PKBM sentosa Hati mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi sekali kepada Universitas Bung Hatta khususnya kepada Tim Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oeh Tutor Paket C sebanyak 13 orang. Ketua Tim PKM Hj. Eni Desfitri,S.Pd,M.Pd menyatakan dengan memberikan pelatihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan, pengetahuan serta ketrampilan Tutor  sebagai guru pada pendidikan Non  Formal atau pendidikan luar sekolah yatu Paket C. Siswa yang ikut paket C pada umumnya  adalah siswa  yang mempunyai banyak kesulitan dan permasalahan diantaranya putus sekolah, keterbatasan ekonomi, dll. Untuk itu sangat penting sekali Tutor sebagai guru melakukan Penelitian tindakan Kelas (PTK) terhadap siswa Paket C karena tidak mudah memberikan pengajaran kepada siswa yang pernah putus sekolah. Oleh sebab itu dengan pemberian Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Tutor lebih mudah memberikan materi dan siswa pun lebih mudah memahami proses belajar mengajar didalam kelas untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.

Kegiatan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Tutor Paket C Pada Masa Pandemi Covid 19 di PKBM Sentosa Hati kecamatan Kuranji Kota Padang tersebut menampilkan narasumber dari Dosen PGSD FKIP Universitas Bung Hatta yaitu Hj. Eni Desfitri,S.Pd, MPd, Risa Yulisna, M.Pd. Hidayati Azkiya, S.Pd., M.Pd. dan juga Narasumber dari Dinas Pendidikan kota Padang yaitu Drs. Jupen,M.Pd yang bertugas sebagai Pengawas Pendidikan Kota Padang.

Ketua LPPM Universitas Bung Hatta  Dr. Azrita, S.Pi,M.Si mengharapkan agar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dapat terlaksana  karena  merupakan bentuk dari Tri Darma Perguruan Tinggi sebagaimana tertuang  dalam UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dijelaskan bahwa Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan kegiatan Civitas  Akademi dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan Bangsa.